GULUNGAN KIPAS BERTAHAN 2 TAHUN,ITU SESUATU BANGET | BALGEN

GULUNGAN KIPAS BERTAHAN 2 TAHUN,ITU SESUATU BANGET

Sebenarnya saya tidak pernah memberi tanda pada kipas yang telah selesai digulung,namun entah mengapa tiba-tiba saja terlintas untuk memberi stiker,dan akhirnya saya jadi tahu kwalitas gulungan saya.



Datang seorang pelanggan membawa kipas yang memang saya kenal karena pernah memperbaiki kipas pada saya.
Dan kipas yang dibawanya itu yang dulu pernah saya perbaiki.

Setelah mendengar penjelasannya sejenak,bahwa kipasnya tidak berputar dan hanya mendengung,saya mengetes untuk sekedar membuktikan.
Setelah terbukti kerusakan seperti yang dia jelaskan,saya bongkar kipasnya.
Kerusakan tersebut memang wajar,mengingat sudah cukup lama kipas tersebut digunakan sejak terakhir di service.

Pada waktu di service dulu,saya mengganti gulungan dengan yang baru,namun saya tidak ingat sudah berapa lama,perkiraan saya sih sekitar 6 bulanan.
Tetapi ketika tutup mesinnya saya buka,saya terpana melihat stiker yang saya tempelkan di gearbox mesin.
Ternyata waktunya lebih lama dari perkiraan saya.(lihat gambar).


Pada stiker yang saya buat sendiri dari lakban kertas itu tertulis tanggal 26 maret 2013,sementara kipas tersebut datang lagi pada awal bulan juni 2015,itu berarti sudah 2 tahun 3 bulan.
Kipas tersebut datang lagi dengan kerusakan pada as,bosing,dan kapasitor,dan itupun juga merupakan hal yang luar biasa,karena biasanya bosing paling cepat mengalami kerusakan.
Sedangkan gulungan,sepertinya akan bertahan beberapa bulan lagi,atau mungkin beberapa tahun lagi.

Saat artikel ini saya publikasikan(16 agustus 2015),belum terdengar lagi kabar dari kipas tersebut.
Sekedar informasi,pemilik kipas tersebut termasuk orang yang cerewet jika barangnya sedang diperbaiki.
Karena dulu saat pertama kali service,dia bolak balik menanyakan kipasnya yang memang belum sempat saya kerjakan.

Untuk momen ini,saya hanya ucapkan alhamdulillah,usaha saya dulu hunting,trial and error gulungan kipas yang awet dan waktu untuk menghitung jumlah gulungannya tidak sia-sia.
Karena kwalitas gulungan yang tahan lama akan meningkatkan kepercayaan pelanggan.
Gulungan yang saya gunakan adalah seperti yang saya tulis dalam artikel gulung kipas angin.

KIPAS PORTABLE
KIPAS PORTABLE RECHARGEABLE


Update.
Saya juga memiliki seorang pelanggan yang sering bolak-balik memperbaiki kipasnya.
Dulu kipasnya juga saya gulung ulang,tapi saya tidak ingat kapan.
Yang jelas,setiap kali dia datang saya merasa ilfill,bukan karena yg rusak pasti as atau bosing yang aus,sementara gulungan tetap ceria,tetapi setiap bongkar kipasnya pasti rumah motor dipenuhi oli,karena tiap kali macet dia akan meneteskan oli pada as-nya.
Mending oli baru yang ditetesi,tapi oli bekas,gimana as gk ikut aus(duh,jadi curhat neh,hehehe).

Lagipula,wajar saja as dan bosing cepet aus,wong kipasnya di setel non-stop 24 jam(itu keterangan dari pelanggan tersebut).
Padahal melihat gulungan yang terlihat kusam(saking lamanya terpapar debu),ingin rasanya saya perbaharui.

Tapi saya ambil hikmahnya,begitulah kepuasan pelanggan.
Gak peduli barangnya sudah tak laik pakai,dia tetap datang ke bengkel saya.
Karena dia yakin,barangnya diservice dengan baik,buktinya dia bolak-balik service bukan karena gulungan hasil kerja saya kembali rusak,tapi karena faktor alami,besi dengan besi bergesek non stop,akan membuatnya aus.

Hal inipun membuat saya surprise juga,biasanya panas yang timbul akibat gesekan,akan berefek pada kawat gulungan.
Panas tersebut dapat melelehkan lapisan email kawat sehingga gulungan dapat terjadi short/korslet,dan pada akhirnya gulungan terbakar.
Analisa saya,ritual pemilik meneteskan oli bila kipas mengalami macet,sedikit banyak meredam panas,sehingga gulungan tetap aman.

Ritual ini dapat anda terapkan pada kipas anda,agar kipas lebih awet,asalkan oli yang digunakan yang masih baru,bukan yang bekas.
Sayangnya saat itu saya belum tau cara ganti bushing kipas angin dengan bearing.

Trik service kipas biar awet.
Salah satu hasil servisan yg saya sendiri tidak menyangka bisa awet hampir 2 tahun,bisa dilihat pada postingan fan page facebook saya.
Servisan ini bukan menggulung,tetapi mengganti mesin dinamo dengan dinamo cina.


Memang ada yg tidak percaya kalau gulungan kipas cina bisa bertahan hampir 2 tahun,saya juga tidak percaya.
Tetapi tulisan dileher kipas,membuktikannya.
Agar bukti lebih kuat,saya sertakan link status FB saya kira-kira pada tanggal tersebut,silahkan cek status saya.

Saat kipas itu saya ambil dari rumah pelanggan(selasa,08 februari 2022) sebelum zuhur,kerusakannya pun bukan pada gulungan,tetapi bushing yg terasa berat.
Setelah penggantian bushing,kipas lancar kembali,dan saya antarkan kerumah pelanggan ba'da ashar.
Pemilik kipas merasa senang,karena kipasnya tidak perlu menginap,karena kalau malam kamarnya panas,begitu kata si pemilik.

Lalu trik apa yg saya gunakan?
Pada saat itu trik yg saya gunakan cuma membongkar mesin,lalu membersihkan as,kemudian memberi minyak singer.
Jadi begitu barang datang,tidak langsung saya pasang.
Mungkin bukan trik saya yg bikin kipas awet,bisa jadi memang mesin dinamonya yg berkualitas bagus.

Sedangkan untuk saat ini,saya telah menemukan sebuah trik yg selalu saya pakai,baik saat service ganti bushing/as,maupun ganti dinamo.
Triknya bisa anda simak di video ini.



2 comments:

  1. tipsnya gan biar awet itu gimana, n harus pke kwat merk apa? atau ada trik trsendiri dlm jumlah gulungan?

    makasih jawaban'a.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jumlah gulungan seperti yg saya tulis di artikel blog ini,gan.
      merk kawat saya ikut kata penjual kawat,jenis supreme katanya yg bagus.
      untuk tipsnya,sudah saya tulis disini

      Delete

Share

Widgets

random

Blogger Tips and TricksLatest Tips And TricksBlogger Tricks
Powered by Blogger